KARTU SAHABAT BANTU WARGA KOTA KEDIRI SAAT PANDEMI COVID 19

Abdul Kanan salah satu warga kota Kediri penerima Kartu Sahabat dari Pemerintah kota Kediri

Pemerintah kota Kediri membagikan sebanyak  2.498 paket di Kelurahan Pojok   sebanyak 1291 paket,  di Kelurahan Bujel  sebanyak 757 paket, dan Bangsal  sebanyak 450 paket. Paket tersebut berisi Kartu Sahabat dengan saldo Rp 200.000,-/bulan dan beras 10 kg. (6/5/2020)

Salah satu warga Keluraahan Bangsal bernama Abdul Kanan mengatakan, kalau orang melihat, rumahnya bagus. Memang bagus, berlantai marmer. Hanya sejak istrinya meninggal 3 tahun lalu, Abdul harus menjaga cucunya sementara anaknya bekerja serabutan. Di sela-sela menjaga cucu, ia beternak burung kicauan. Sebelum Covid-19, hasil jual anakan burung itu lumayan menjadi pemasukan. Kini, tak ada yang beli sehingga tak ada pemasukan, “Kalau dibilang tidak cukup, ya selalu kurang. Tapi kartu dan beras ini sangat saya butuhkan. Saya sangat berterima kasih,” ujarnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Zainul ,  lelaki  rusia 31 tahun ini bekerja sebagai  pengemudi ojek online dengan penghasilan yang tadinya luamayan. Namun tiba-tiba, pelanggan jauh berkurang hingga akhirnya ia memutuskan untuk tidak narik.

“Terima kasih, sangat membantu. Kami sudah tidak ada uang. Hanya saya masih bingung, bagaimana mencairkannya,” kata Zainul, warga Kelurahan Bangsal sambil menunjukkan kartu tersebut. Meski ia akrab dengan gawai terkait pekerjaannya, tapi ternyata ia belum pernah menggunakan kartu ATM. Kartu Sahabat yang mirip kartu ATM meski pencairannya bukan di mesin melainkan datang ke Bank Jatim Kota Kediri, merupakan pengalaman pertamanya.

Kosim, pemegang kartu sahabat berusia 78 tahun berharap agar bisa diwakilkan oleh kerabatnya sebab sudah beberapa tahun, ia tak lagi bisa bepergian agak jauh karena fisiknya, “Terima kasih pada Pemerintah Kota Kediri atas bantuannya. Berasnya sangat berguna,” katanya sebab ia belum melihat bahwa kartu yang ia pegang berwujud uang.

Kartu Sahabat diberikan untuk semua warga Kediri selain TNI/Polri, ASN, Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Swasta maupun profesi yang berpenghasilan diatas UMK, dan pengusaha yang mampu. Harapannya, agar semua warga yang terdampak corona bisa mendapatkan bantuan ketika pandemi ini. Jadwal pembagian selanjutnya Kamis, (07/05) di Kelurahan Ngadirejo, Ngletih, Bawang, dan Setonopande. Selanjutnya Jumat di Kelurahan Singonegaran, Sukorame, Bandar Kidul, dan Tinalan. Sabtu berlanjut di Kelurahan Tosaren, Gayam, Betet, Blabak, dan Dandangan. (rom)

Category: Pemerintahan